BlogUpp!

Share It

Senin, 30 April 2012

"TENAGA KERJA INDONESIA DARI MASA KE MASA"

Tenaga kerja Indonesia dari masa ke masa.
 Pada waktu itu, Sekitar tahun 1960-an kita bisa berbangga,Karena banyak tenaga Kerja Indonesia diminta Malaysia untuk bekerja disana. Pada waktu itu sebagian besar tenaga kerja Indonesia bekerja di Malaysia sebagaiDokter ahli,Dosen, dan Guru. Keberadaan tenaga kerja indonesia juga sangat diperhitungkan kualitasnya dan dihormati pula si Malaysia. Tentu,selain merupakan kehormatan bagi mereka. dia juga merupakan kehormatan bagi bangsa indonesia.
Mulai tahun 1980-an hingga sekarang, Keadaan tersebut berubah. Tenaga kerja indonesia yang datang ke Malaysia sebagian besar bukan karena keahlian dan ketrampilannya. Melainkan tenaga kerja tersebut tak mendapat kesepatan kerja di Indonesia. Sebagian besar Mereka bekerja di Malaysia tak lagi sebagai dokter atau tenaga pengajar. Melainkan Pembantu rumah tangga.

Jelas sangat memprihatinkan. kedudukan mereka sebagai pembantu rumah tangga tak dapat dipungkiri tidak dihormati sebagaimana Dokter atau guru. Tak jarang mereka mendapat perlakuan kasar dari majiakan, Bahkan ada diantara tenaga kerja indonesia itu dianiaya sampai luka berat atau meniggal. Keprihatinan tersebut bukan hanya keprihatinan para Tenaga kerja Indonesia, namun juga keprihatinan kita sebagai bangsa yang besar. Wajar saja,TKI merupakan penyumbang Pendapatan terbesar sesudakh minyak bumi.

Aneh, Keadaan semacam itu tak menyurutkan niat para calon tenaga kerja indonesia untuk bekerja di negeri jiran. Mungkin karena desakan ekonomi, atau himpitan beban lain, Mereka tetap bersemangat mendaftarkan diri ke lembaga-lembaga penyalur tenaga kerja. Bahkan hak-hak mereka sering diabaikan baik oleh pemerintah maupun masyarakat Malaysia pada umumya.

"SAVE OUR TKI  (Tenaga kerja indonesia)"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berilah komentar yang baik,, Yang tidak mengandung SARA (suku,Agama,ras, animeisme) dsb.
Trimz, By admin :

Ilhamz mukti.